urban life


di salah satu perempatan di kawasan Menteng jakarta, mana nih pole takernya?

di salah satu perempatan di kawasan Menteng jakarta, mana nih pole-sitter nya?

buat yang tinggal di jakarta pasti sering ngalamin ato ngeliat posisi zebra cross yang seharusnya diperuntukkan buat pejalan kaki malah dijajah sama pengendara terutama biker. sebagai biker, saya merasa dilecehkan sob.. haha bukannya sok gimana gitu tapi saya emang paling ga suka ngelewatin zebra cross karna memang peruntukannya buat pejalan kaki. jadi karna kasus ini, biker suka dicela (padahal ga selamanya biker, mobil juga ada)

kalo dilihat dari segi hukum juga kita udah salah loh, nah kalo ku liat begini nih kira-kira isi Undang Undang nya tepatnya UU No.22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan pasal 13:

  1. Pejalan Kaki berhak atas ketersediaan fasilitas pendukung yang berupa trotoar, tempat penyeberangan, dan fasilitas lain
  2. Pejalan Kaki berhak mendapatkan prioritas pada saat menyeberang Jalan di tempat penyeberangan

(more…)

kita smua yg tinggal di jakarta pasti udah tau bis yang satu ini, ya transjakarta.. atau lebih dikenal ama orang dgn ‘busway’. agak aneh juga mengenai sebutan ini, karena busway itu memiliki definisi ‘jalur dari bus’, sebenarnya lebih cocok dikatakan transjakarta tapi mungkin karena penyebutannya yg agak ribet so orang2 lebih memilih menyebut bis yg satu ini dgn ‘busway’. seperti kita tahu, bahwa kalo di busway yg namanya ‘lansia, wanita hamil, dan penyandang cacat’ sangat2 dihargai, sampe2 tempat duduk untuk mereka aja dibuat spesial di dekat pintu utama busway. ya memang begitu adanya, jd jangan heran aja kalo di busway para2 pria dengan sok gagahnya berdiri dan memberikan seat-nya ketika dia liat ada lansia/wanita hamil yg ga dapat seat. ga usah deh sampe bahas lansia/wanita hamil segala, ada cewe cakep aja diliat ga dapet seat, eh dengan sok pahlawannya dia memberikan seat-nya kepada cewe tsb. alamakk….!!

Transjakarta busway

busway gandeng

mnurutku sih, fenomena diatas sangat wajar, mengingat betapa ga teganya kita kalau sempat melihat lansia/wanita hamil ga dapat seat, apalagi di busway. tapi…. kenapa fenomena itu terjadi hanya di busway?? di kopaja dkk (metromini, bus mayasari, dll) fenomena spt diatas sangatlah jarang dijumpai.. tanya kenapa??? yah begitulah fenomena yang ada di indonesia ini, apalagi di jakarta, mungkin ego atau gengsi seseorang yg menyebabkan kenapa fenomena diatas terjadi. nah kita back to topic, hehe.. kembali ke masalah seat prioritas, memang wajar kalo kita mengalah ama lansia/wanita hamil di busway. tapi.. kalau kita juga sama2 capek, apalagi setelah pulang kerja sekitar jam 8-9 (udah tau pasti gimana capeknya), sesaat perasaan ego pasti muncul demi mendapatkan kenyamanan di dalam busway.

nah karna aku termasuk salah seorang yg cukup sering gunakan busway sbg transportasi dari rumah ke kantor, jadi aku cukup tau trik nya gimana kalo naik busway supaya kita dapat seat. bukan mau kasih ajaran yang sesat :D, tapi jujur aja aku kalau udah capek bgt, aku jd ga peduli siapa yg lagi berdiri n desak2an di busway, yg penting bisa duduk dgn nyaman di dalam busway yg sejuk (suasana yg sangat mendukung utk nyantai :D). mungkin uda banyak blog yg kasih tips gimana caranya utk dapat seat, tapi aku skarang kasih berdasarkan versi ku yg kuambil dari pengalamanku dlm menggunakan transjakarta busway. berikut cara2nya:
(more…)

setelah kurang lebih hampir 7 bulan tinggal di ibukota, bisa dikatakan apa yang menjadi makanan sehari2 warga jakarta sudah kualami. ya apalagi kalau bukan MACET!! kemacetan ini kayanya uda jadi momok sehari2 warga jakarta, khususnya pegawai kantoran/pelajar skolah. sampai2 pemerintah DKI juga uda pusing bahkan kehabisan cara utk nanggulangi masalah kemacetan ini. hmm.. setelah kuamati, bisa kusimpulkan beberapa hal dari kemacetan ini.

macet pagi
Latar Belakang:

  1. ga bisa lagi dipungkiri bahwa tiap orang pasti memulai harinya dgn beraktivitas diluar rumah (ngantorlah, sekolah, dll)
  2. orang pergi kantor teng jam 7 dari rumah, otomatis di jalan raya jumlah makhluk hidup melonjak drastiss. gtu juga dengan jam pulang kantor (org bilang tenggo), biasanya jam 5 sore.
  3. semua orang mau serba cepat, sampe akhirnya ngebut n nyalahin aturan lalu lintas

(more…)