travelling


Yap, sekarang kita mari bahas tentang paspor. Jadi ceritanya temen-temen pada punya rencana mau ke Malaysia jadi TKI mau jalan-jalan sekalian nonton GP Sepang. Emang sih itu udah jadi impian sejak lama, dan kebetulan satu ide dengan temen-temen so kita buat plan buat nonton langsung GP Sepang musim 2013 ini. Jadi kalo yang namanya mau ke luar negeri, ga mungkin lah ya bermodalkan kartu diri doang, yap butuh yang namanya paspor ato nama bakunya Surat Perjalanan Republik Indonesia (SPRI). Sama seperti pengurusan dokumen negara yang lain, awalnya saya sangsi prosesnya bakal susah dan berbelit-belit, u know lah birokrasi instansi pemerintah kita ini kadang njelimet dan berbelit belit.

Ga usah lama-lama, saya mau jelasin langkah-langkah dalam pengurusan paspor. Jadi requirement-nya untuk pengurusan paspor kira-kira kayak gini:

  1. bawa diri sendiri (ya iyalah)
  2. fotokopi KTP 3 lembar, fotokopi nya jangan timbal balik tapi 1 lembar A4 (harus A4, jgn dipotong) berisi 1 kopian KTP depan dan belakang
  3. fotokopi akte lahir 3 lembar
  4. fotokopi kartu keluarga 3 lembar
  5. fotokopi ijazah terakhir 3 lembar
  6. surat keterangan dari kantor (buat sob-sob yg gawe kantoran coba diminta deh dari HRD nya, ini sih sebenernya ga major tapi diperlukan sewaktu wawancara)
  7. berkas dari no 2 – 5 bawa berkas aslinya, ini butuh di step wawancara

Sebelum ke kantor imigrasi terdekat, sob-sob harus isi formulir, caranya ada 2 yaitu via Internet dan via manual (dateng sendiri ke kantor imigrasi). Saya sih kemaren bikin via Internet, caranya masuk ke link ini lalu input data yang diperlukan (link tadi bisa aja berubah, untuk lebih pastinya main ke situs resmi imigrasi aja). Nah kalau via manual jadi sob-sob harus dateng ke kantor imigrasi terdekat untuk ambil dan isi formulir (ga saranin cara ini kalau mau cepat). OK setelah daftar via Internet selesai, nanti muncul tanggal kapan sob-sob harus datang ke kantor imigrasi untuk menyelesaikan permohonan pembuatan paspor.
(more…)

Mungkin beberapa orang kalo mendengar ‘taman safari’ beranggapan adalah sebuah tempat seperti kebun binatang (cagar alam) dengan konsep safari. Yup, betul! Taman safari adalah cagar alam dan margasatwa yang dirancang dengan konsep safari dimana pengunjung disajikan kehidupan satwa dari seluruh dunia secara nyata (no kandang, no antri2), semua satwa dibiarkan bebas di tempat penangkaran seperti habitatnya. Pengunjung tinggal berjalan menggunakan mobil pribadi dan mengelilingi habitat satwa tersebut, benar2 konsep yang mantap!

map to taman safari

Oke ga usah berlama2 bahas berdasarkan opini sendiri :D. Dari yang aku dapat dari wikipedia, dapat beberapa definisi dari Taman Safari ini. Taman Safari Indonesia adalah tempat wisata keluarga yang berwawasan lingkungan dan berorientasi habitat satwa pada alam bebas. Taman Safari Indonesia berlokasi di Desa Cibeureum Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat atau yang lebih dikenal dengan kawasan Puncak. Taman ini telah ditetapkan sebagai Obyek Wisata Nasional oleh Soesilo Soedarman, Menteri Pariwisata Pos dan Telekomunikasi pada akhir 80-an. Taman Safari memiliki koleksi satwa dari hampir seluruh penjuru dunia dan juga satwa lokal, seperti Komodo, Bison, Beruang Hitam Madu, Harimau Putih, Gajah, Anoa dan lain sebagainya. Fasilitas yang terdapat di Taman Safari Indonesia yaitu bus safari, danau buatan, sepeda air, kano, kolam renang dengan seluncur ombak, kereta api mini yang melintasi perkampungan ala Afrika, taman burung, baby zoo, kincir raksasa, gajah tunggang, kuda tunggang, komedi putar, pentas sirkus, area gocart, children’s play ground, bom bom car, rumah setan, kesenian tradisional dan sulap di panggung terbuka Balai Ruyung Safari.
(more…)

KRL?? hmm.. semenjak di jakarta, penasaran bgt ama yg namanya KRL, pengen ngerasain soalnya KRL nih beda ama yg pernah kurasakan sbelumnya di medan.. kalo jakarta kan kota besar, jadi KRL itu melayani rute dalam kota. Beda dengan medan, kalo KA tuh melayani yang antar kota karena medan tuh kecil dibandingin ma jakarta.
awalnya sih tahun baruan ini mau ke Bogor jumpain kakak, tp kakak sibuk mulu ama kluarga suaminya, ya akhirnya aku ketemuan ama sepupuku yang di Bogor juga. pertama bingung mau naik apa ke Bogor, ada temen nyaranin naek KRL aja karna jalur KRL itu jakarta-bogor, ya akhirnya naik itu juga bareng ma si Heri yang kebetulan juga ada urusan di Bogor. tipe KRL ini ada 3 macam, ekonomi, ekonomi AC, ama express. Bedanya kalo ekonomi ga pake AC n orangnya desak2an kayak kacang rebus didalam n ongkos 1000 perak doang, kalo ekonomi AC lbh enak n ongkosnya 5,5ribu, kalo express kelas plg mahal nih ongkos 13ribu tp ga brhenti di smua stasiun jd lbh cepat. Kemaren ntu kami naek KRL 2 kali, prtama naik ekonomi dr gondangdia ke st.kota, trus dari st.kota ke bogor naik ekonomi AC. selama dari jakarta ampe ke Bogor asli berdiri sepanjang perjalanan, bayangin aja 1,5 jam berdiri di kereta, sampai patah2 kurasa kakiku ini pegalnya minta ampun.. kapok lah naik ekonomi AC, laen kali naek express aja.. πŸ˜€
me n my cousinsampe di bogor ketemuan deh ama sepupuku, ini orang udah lama bgt ga jumpa, mulai kami kecil ampe skarang, baru sekaranglah kami bisa jumpa lagi, haha senang jg bisa ketemu lagi, habis tuh ketemu ama kawan si Heri, trus habis itu jalan2 ke Boker (botani square) n jam 9 pulang lg ke jakarta..
waktu pulang sbnrnya udah takut ga ada kereta tapi untunglah keretanya masih ada, kami naik yg kereta terakhir ke jakarta jam 9 malam. kereta dr Bogor ke jakarta pas waktu malam hari sepi, ya setidaknya bisa duduklah kami, soalnya cape juga 1,5 jam tadi berdiri terus, untunglah kali ini dibayar… hahaha..
(more…)

new year nih sama dgn natal… alias ga bareng keluarga… hehe
bingung juga sih mau kemana malam taon baru nih, ada temen ngajak ke monas, eh rupanya kaga jadi, akhirnya ya ke bundaran HI lah..
awalnya sih bingung, emang ada apaan sih di bundaran HI? kayanya itu jalan lah, jd ga mungkin aja digelar acara dsitu..
eh rupanya lumayan rame juga, bahkan rame bgt pun.. orang2 pada menuhin jalan thamrin sampe jalan sudirman, bundaran bukan bundaran HI lg namanya, udah kaya pembagian zakat… ya ampun rame nya… ga tahu nih mau ambil gambar dimana, pula semua orang pada di jalan2, sampe jalan tertutup n ga bisa dilewati kendaraan… gila…
hmm awalnya sih mau kebaktian dulu sblm malam tahun baru, tp ga enak juga kalo ninggalin detik2 pergantian tahun gitu aja,, ya jadi deh ke bundaran HI, kalo ibadah yaaa sendiri2 aja lagi.. πŸ˜€
ini nih penampakannya.. liat aja gimana ramenya HI kemaren, new year 2010 @bundaran HI
haha.. udah liat khan gimana ramenya, diselingi dengan kembang api lagi,, waw keren dah pokoknya…
cukup berkesan malam tahun baru prtama di jakarta ini, n bareng kawan2 lagi…
setelah malam prgantian tahun selesai, smua orang pun pada pulang dengan sekejap, langsung tuh bundaran HI jadi sepi, ya kami balik lah ke kost, ngomong2 n telpon2 keluarga, trus jam 3 baru tidurr…
hahahaha..

hmm,, ga terasa udah hampir 9 minggu aku di banjarmasin, ya byklah yg udah dialami sepanjang 9 minggu, gimana capeknya yang kerja dari Senin-Sabtu mulai jam 8 – jam 6 sore,, haha… capek bgt emang slama masa KP ini..
sempat juga ngerasa bosan selama disini, ya mau gimanalah,, ini kota kecil dan yg mau dilihat pun dikit, udah gitu waktu libur cuma Minggu doang, itupun cuma gereja aja n habis itu tidur di mess karena capek dah seminggu ngantor, palingan keluar jalan kalo ada film bagus, baru deh ke mall nonton sambil nengok2 apa yg bisa dilihat..:D, padahal kami tuh dah dikasi motor untuk sarana transpor, tapi kaminya aja yang jarang make motor untuk jalan. Trus kemaren diajak bos ke banjar baru, ya lumayan asiklah tempatnya,,, hehe.. makasih ya bos.. πŸ˜€
selama kerja praktek di trio motor ini ada banyak bgt yang bisa didapat. Diantaranya kita bisa selalu kerja keras disini karena waktu kerjanya yang banyak, walaupun kerja bisa dibilang nyantai tapi disini kita harus kerja keraslah.. trus disini tuh orangnya baek2, ramah2, aku kadang jd minder sama mereka karena mereka ramah bgt, eh akunya cuek aja, mungkin mereka anggap aku ini sombong kali ya,, tapi karena memang aku segan aja rasanya karena aku bukan orang sini,, hehe.. maaf ya bagi yang pernah kucuekin.. πŸ˜€ (more…)

hmm… banjarmasin gimana ya? ada enaknya n ada nggak nya… dah ada 1 bulan lebih aku disini, at least dah jalani bbrapa hal lah disini, baek enak maupun gak enaknya…
Banjarmasin ntu letaknya ada di selatan pulau kalimantan, tepatnya di kanan bawah kalimantan kalo kita liat dari peta. Banjarmasin ntu ibukotanya kalsel, jadi kota inilah yg paling besar disini, n kebetulan juga aku tinggal di kotanya, pas di belakang jalan A.Yani, jalan protokol di banjarmasin, jadi semua serba lengkaplah karna tinggal di kotanya (bukan pinggirannya)..
Skarang crita dari mana dulu nih… okela, satu2 kita bahas ya..

Kota
Dari segi tata kota, banjarmasin ini bisa dibilang modern karena hampir semua pusat kebutuhan ada, tapi luas kotanya ga terlalu besar. Karna penduduknya lumayan banyak, jadi pusat2 kota selalu dipadati pas lg weekend ato liburan, sbg contohnya 21, ampun deh nonton di banjarmasin, pula 21 cuma ada 1 n itupun selalu penuh.. πŸ˜€
Tempat2 utama di kota adalah duta mall (satu2nya mall d banjarmasin), jembatan sungai barito (panjangnya ampe 1 km), jln a.yani (jln utama yg membelah kota), pasar terapung (ada di sungai barito).. dll lah πŸ˜€
PasarTerapungYang unik dari banjarmasin ini sbg kota sungai adalah pasar terapung nya, sesuai dgn namanya, pedagang pasar terapung menggunakan perahu kecil sbg t4 menjual barang dagangannya, dan pelanggan pun bisa membeli dari tepi sungai dan ada juga yg menggunakan perahu juga utk membeli, unik x rasanya pasar terapung ini,, jarang2 deh bisa rasain kayak gini :D..
jemb baritoLalu lintas di banjarmasin ini juga bisa dibilang tertib, pasalnya semua rambu2 dipatuhi, penduduk disini juga displin dlm mematuhi rambu2 lalu lintas, polisinya juga baek2, betul2 polisi lah pokoknya,, selama ini polisi yang kutau adalah tukang nangkap orang, tapi kalo di banjarmasin ini polisi emang betul2 menertibkan n ramah2 lagi.. (ga cem di medan), buktinya aku dah hampir 2 bulan disini naek motor ga pernah ketangkep karna ga punya SIM… huahahaha. Trus, banjarmasin ini trkenal dengan sungainya, ampun deh banyak x sungai di kota ini, n rawa juga banyak, makanya rumah2 disini tuh rata2 rumah panggung (rumah dgn tiang sebagai penyangganya), karena tanah disini ga keras jadi byk rumah menggunakan tiang daripada menimbun dengan tanah, jadi,, kalo di rumah nih, langkah kaki langsung terdengar.. (dum dum dum… :D)
duta mallTapi yg ga enaknya nih, fasilitas olahraga kurang, kalopun ada tapi ga terbuka untuk umum, jadi orang2 pada main di halaman rumah ato tanah lapang gitu lah..
hmm,, kalo kusimpulkan nih besarnya kotanya hampir sama dengan p.siantar, tapi kalo dari padatnya hampir sama dengan medan..

Masyarakat
hmm,, suku asli yg ada di banjarmasin itu adalah suku banjar, dan byk lagi suku pendatang yg mendiami kota ini, trutama jawa timur, byk pendatang dari jatim di kota ini jd jangan heran kalo di banjarmasin itu byk orang jawa.. Kalo org batak sih dikit, tapi komunitas batak juga ada kok..
Orang banjar nih ramah2, kalo berpapasan dgn org yg blom dikenal aja, mreka tuh senyum n sering bertegur sapa,, padahal blom kenal lo… Baek2 n ramah2 disini orang,, ga cem di medan,, org tuh cuek2 aja kalo ma org yg blm dikenal.. πŸ˜€ (more…)

Hmm… KP di kalimantan?? Dulu sih penasaran rasanya gimana, apalagi tuh t4 ga pernah kuinjak n ga pernah sama skali tersirat di benakku untuk kesana.
Jadi apa yg buat aku kesana ya?? Hm.. prtama x sih gara2 terinspirasi dari ajakan si togu, n aku pun enak juga kalo KP bareng dia..
Besoknya dgn gagah berani kami jumpai panitia KP utk menyatakan bahwa kami siap diterbangkan ke kalimantan :D, eh sayangnya si togu ditolak mentah2 dgn alasan tidak membutuhkan anak NM, wah sayang x rasanya kmaren… yo wes lah.. kami pun balek dgn tampang kecewa…
Bbrapa hari kmudian, keluarlah pengumuman alokasi KP, eh rupanya aku lulus ke kalimantan, sama dgn carlin n antony, walopun si togu ga jadi tp gpp lah.. n aku juga dah siap lahir batin utk diterbangkan ke bumi borneo sana…
Hmm.. KP ke kalimantan ini trnyata membawa berkah juga utk ku, yaitu aku terbang utk pertama x nya… hehe jadi malu… bahkan ada kawan bilang β€œbaru prtama x naik pesawat, langsung jauh x pula itu.. :D”, sementara orang itu cuma sampe jakarta… ketika tiket dibagiin, aku sempat kurang PD juga karna pesawat yg kami tumpangi adalah Lion Air yg notabene adalah maskapai penerbangan yg punya sejarah kecelakaan terbanyak.. wekss.. gawat nih… tp dengan bermodalkan rasa keberanian n PD, maka rasa takut itupun ilang juga… hehe
(more…)

Next Page »