di salah satu perempatan di kawasan Menteng jakarta, mana nih pole takernya?

di salah satu perempatan di kawasan Menteng jakarta, mana nih pole-sitter nya?

buat yang tinggal di jakarta pasti sering ngalamin ato ngeliat posisi zebra cross yang seharusnya diperuntukkan buat pejalan kaki malah dijajah sama pengendara terutama biker. sebagai biker, saya merasa dilecehkan sob.. haha bukannya sok gimana gitu tapi saya emang paling ga suka ngelewatin zebra cross karna memang peruntukannya buat pejalan kaki. jadi karna kasus ini, biker suka dicela (padahal ga selamanya biker, mobil juga ada)

kalo dilihat dari segi hukum juga kita udah salah loh, nah kalo ku liat begini nih kira-kira isi Undang Undang nya tepatnya UU No.22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan pasal 13:

  1. Pejalan Kaki berhak atas ketersediaan fasilitas pendukung yang berupa trotoar, tempat penyeberangan, dan fasilitas lain
  2. Pejalan Kaki berhak mendapatkan prioritas pada saat menyeberang Jalan di tempat penyeberangan

Nah dari situ coba deh liat point no.2, penekanannya disitu dan jelas-jelas dibilang bahwa pejalan kaki berhak mendapat prioritas which is kita jangan ampe melanggar hak dari pejalan kaki itu. Masalahnya orang Indonesia males mencoba ngerasain jadi “pihak yang ditindas”, orang Indonesia lebih mikirin diri sendiri dan ga mau memposisikan kalo aja dia jadi pejalan kaki. Malah yang lebih miris lagi kalo liat kasus ini orang Indo mengecam tapi dia sendiri melanggar.. Nah lohh!! jangan ampe gitu aja sob, ya mbok kalo ndak sanggup melakukan jangan bilang sudah dilakukan, ya tak…

Beberapa hari ini kebetulan lagi mudik ke medan dan apa yang saya liat kurang lebih sama sih sama di jakarta. So kalo nanya jakarta sama medan mending mana? jawabannya: sama hahaha..
So mari kita ubah gaes! Selama kita masih bisa matuhin dan jadiin ini sebagai budaya, saya rasa kejadian ini bakal jarang terjadi dan orang asing melihat kota kita pasti bakal terkesan karena rapih dan tertib.
Mulai dari diri sendiri deh ya, coba deh diaplikasikan pasti nanti lama2 bakal jadi kultur/budaya buat kita sendiri, dan semoga orang bakal mencontoh dan melihat kita. Pengecualian?? Hmmm mungkin ada kali yah tapi hanya yang bersifat urgent, ga mungkin kan setiap saat hari2 kita diwarnai urgent?

di salah satu simpang 4 di kawasan Glugur medan, sama aja sih hahaha, pliss jangan ditiru!

di salah satu simpang 4 di kawasan Glugur medan, sama aja sih hahaha, pliss jangan ditiru!