tengah malem iseng bgt dah malah nge-post, keliatan bgt ga bisa tidurnya..
btw lagi, terakhir nge-post adalah pas tanggal 23 des kemarin dan sekarang mau nge-post lagi.. pasti ada yang aneh ini gaes! *karna biasanya nyentuh blog ini 1-3x dalam setahun*
yak alesannya mungkin nih ya karna discuss sama salah seorang blogger kondang beberapa hari yang lalu, and then? mungkin ini salah satu yg memotivasi buat nge-post lagi..

berhubung kali ini topiknya rada sok pinter, jadi saya mau ngebahas soal skill vs knowledge, ga tau kenapa tiba-tiba melintas aja 2 kata ini di pikiran saya.
skill dan knowledge kelihatan identik, dan orang sering salah kaprah malah menyamakan arti dari skill dan knowledge ini gaes.
padahal sebenarnya skill itu beda dengan knowledge. ini nih bedanya, menurut kesotoyan saya:

Skill
Skill itu adalah kemampuan kita yang umumnya teknis untuk melakukan sesuatu yang sifatnya spesifik, fokus, dan membutuhkan waktu tertentu untuk mempelajarinya.
Jadi contoh sederhananya: misal kita belajar jurusan Ilkom 3 tahun nih dan udah belajar soal programming, database, RPL dll. Bisa dikatakan kita itu udah punya skill programming katakanlah bahasa Java (asal belajarnya bener).

Knowledge
Sedangkan knowledge sendiri itu: kemampuan kita buat mengetahui sesuatu hal. Ato bisa dikatakan informasi yang melekat di pikiran kita dan umumnya dapat dianggap sebagai pengetahuan (knowledge).
Contoh sederhananya lagi nih: sama kayak kasus diatas nih, jadi misal kita punya skill programming Java nah kan ada bagian (sebenernya sifat utama sih) yang namanya inheritance. nah cara dan konsep gimana buat class dan sub-class itu namanya knowledge.
Ato contoh lain: kita banyak membaca nih tentang mobil dan teknologi terbaru, ketika org lain nanya teknologi mobil apa yg paling canggih dan kita bisa jawab, nah disitu kita dikatakan punya knowledge tentang mobil.

Jadi intinya bisa dikatakan nih bahwa knowledge itu bisa terdapat di dalam skill. Tapi gak selamanya knowledge itu adalah bagian dari skill (nah loh bingung kan), tapi knowledge bisa terbentuk karena ada skill.
Yah begitulah menurut pendapat saya yang mungkin rada sotoy, entah kenapa tetiba kepikiran.

*semoga manfaat
*buat yang lagi googling tentang skill vs knowledge jangan jadiin blog ini jadi referensi