Gak terasa si Vivi udah nginjak KM ke-7900 di usianya yang lagi memasuki bulan ke-11, harusnya sih kudu ganti oli karna terakhir ganti oli itu kemaren pas KM ke-6000 dan sekitar 2 bulanan yang lalu. Mulai dari si Vivi masih perawan ampe sekarang udh umur 11 bulan, selalu make oli bawaan pabrik yaitu si AHM Oil MPX1.
Pengalaman selama ini make oli MPX1 kira-kira begini:

  • – termasuk kategori oli encer, SAE 10W-30
  • – mesin responsif dan akselerasi mantap
  • – putaran bawah oke punya, tarik gas dikit udah langsung ngacir
  • – cocok untuk lalu lintas perkotaan yang stop & go
  • – putaran atas jelek, mesin langsung meraung
  • – mesin cepet panas karna komposisi encer
  • – secara pribadi kurang cocok sama riding style ane yang lebih suka main di top speed ketimbang akselerasi

Baru aja mau ganti oli, mendadak bro & sist ngajak touring ke Puncak dan lebih gilanya lagi ada rencana gila nerusin dari Puncak ke Bandung. Well, dengan persiapan yang bisa dibilang minim, akhirnya si Vivi pun aku bawa ke Bandung pas libur lebaran kemarin (20-22 Ags 2012). Alhasil karena si Vivi jg blom sempat di-service dan ganti oli, performa pas touring juga belum maksimal, apalagi yang paling kentara kalo udah jalan diatas 2 jam pasti gak bisa lagi ngejar Boby-nya bro Zokont (a.k.a byson) dan Soul-nya bro Sanny (a.k.a mio soul).
Dari pengalaman diatas akhirnya aku putuskan untuk segera ganti oli lain utk pengganti si MPX1 ini yang masih kurang performanya. Yang dirasakan setelah touring kemarin, kira-kira seperti ini kesimpulannya setelah make si MPX1:

  • perjalanan PP Jkt-Bandung kira-kira 360 km (180 km one way), performa si Vivi tangguh di lap-lap awal (est. 80 km pertama/ 2 jam pertama)
  • mesin cepat panas, setelah 2 jam jalan mesin seperti dipaksa kerja, gigi-3 di 60 km/h udah minta ganti ke gigi-4 padahal biasanya bisa lebih panjang lagi
  • setelah perjalanan 2 jam, rasanya buat dapetin 80 km/h itu susah bgt
  • untuk tanjakan juga masih kurang menggigit, gigi-2 di tanjakan panjang dgn kec 40 km/h rasanya masih berat
  • masuk dalam kota Bandung, setelah istirahat 1 jam baru deh performa-nya balik lagi
  • kesimpulannya, oli MPX1 ini ga cocok buat perjalanan jauh dan putaran rpm tinggi

Setelah pengalaman-pengalaman diatas, so aku putuskan untuk langsung ganti oli setelah balik ke Jkt. Rencana pengen ganti ke Shell AX7 10W-40, atau Motul Gold 3100 15W-50. That’s all pengalaman ku selama make oli MPX1, semua orang punya pendapat yang berbeda-beda karena tergantung dari riding style masing-masing. Jadi ini cuma pendapat secara pribadi dan subjektif🙂