Mungkin beberapa orang kalo mendengar ‘taman safari’ beranggapan adalah sebuah tempat seperti kebun binatang (cagar alam) dengan konsep safari. Yup, betul! Taman safari adalah cagar alam dan margasatwa yang dirancang dengan konsep safari dimana pengunjung disajikan kehidupan satwa dari seluruh dunia secara nyata (no kandang, no antri2), semua satwa dibiarkan bebas di tempat penangkaran seperti habitatnya. Pengunjung tinggal berjalan menggunakan mobil pribadi dan mengelilingi habitat satwa tersebut, benar2 konsep yang mantap!

map to taman safari

Oke ga usah berlama2 bahas berdasarkan opini sendiri😀. Dari yang aku dapat dari wikipedia, dapat beberapa definisi dari Taman Safari ini. Taman Safari Indonesia adalah tempat wisata keluarga yang berwawasan lingkungan dan berorientasi habitat satwa pada alam bebas. Taman Safari Indonesia berlokasi di Desa Cibeureum Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat atau yang lebih dikenal dengan kawasan Puncak. Taman ini telah ditetapkan sebagai Obyek Wisata Nasional oleh Soesilo Soedarman, Menteri Pariwisata Pos dan Telekomunikasi pada akhir 80-an. Taman Safari memiliki koleksi satwa dari hampir seluruh penjuru dunia dan juga satwa lokal, seperti Komodo, Bison, Beruang Hitam Madu, Harimau Putih, Gajah, Anoa dan lain sebagainya. Fasilitas yang terdapat di Taman Safari Indonesia yaitu bus safari, danau buatan, sepeda air, kano, kolam renang dengan seluncur ombak, kereta api mini yang melintasi perkampungan ala Afrika, taman burung, baby zoo, kincir raksasa, gajah tunggang, kuda tunggang, komedi putar, pentas sirkus, area gocart, children’s play ground, bom bom car, rumah setan, kesenian tradisional dan sulap di panggung terbuka Balai Ruyung Safari.

Nah sekarang baru aku cerita pengalaman di taman safari kemaren, hahaha. Kira-kira 2 minggu lalu pas akhir pekan, aku beserta beberapa teman pergi ke tempat ini, ya itung2 habisin weekend + lepas sbentar dari kerjaan, halagh. Taman safari ini lokasinya ada di daerah Puncak, kira-kira 1,5 jam dari Jakarta via tol kalo lagi ga macet. Kalo dari jakarta nih ya, jalannya mulai dari tol jagorawi, trus exit tol Ciawi, trus ambil arah ke Cianjur/Bandung (Puncak), nah nanti kira2 di KM ke-20 ada pertigaan yg kalo ke kanan itu ke taman safari smntara kalo lurus itu ke Puncak Pass.

Nah, sebelum kesini ada beberapa hal yang harus disiapin sebelumnya, ini nih:

  1. Mobil. Hahaha, sebenarnya sih pengunjung ga dipaksa harus pake mobil karna mobil safari disediakan. Tapi menurutku mobil tetap jadi prioritas utama biar lebih puas gitu, apalagi pas kelilingi taman satwa nya.
  2. Duid pastinya. Hahaha, dimana-mana kalo berwisata pasti butuh biaya buat tiket masuk. Untuk taman safari ini per-orang nya dibanderol 75ribu utk safari siang dan 100ribu utk safari malam. untuk mobil 15ribu per-unit nya. Mungkin bagi beberapa orang tarifnya lumayan mahal, tapi menurutku tarifnya sebanding dgn fasilitas dan suasana yang diberikan di taman safari ini (luas bgt, udara sejuk, sampe cape juga blom puas2 main kesini). Dan jangan lupa juga siapin duid utk kebutuhan di dalam taman, beli cemilan misalnya, buat foto2 ama satwa, naik kereta gantung, dll.
  3. Sayuran. Loh kok sayur, emang mo masak apa? Hahaha, sayur-sayuran maksudnya wortel atau apalah, gunanya untuk makanan satwa yang mau dikunjungin. Kan lucu aja kalo kita masuk ke taman safari tapi satwanya dibiarin aja melongo gitu kaya orang bego kaga dikasih makan. Masih mending kalo zebra atau herbivor lain, lah kalo singa/macan? Hahaha, u know me so well lah.. :p. Wortel banyak dijual sebelum pintu masuk taman safari, penduduk setempat yang biasa jadi penjualnya (kesan pertamaku pas beli wortel kmarin: Wuih, si teteh penjual wortelnya cuantiik pisan euy..)
  4. Alat dokumentasi. Kamera, tustel, kamera HP, ato apalah yang bisa dijadikan alat dokumentasi. Terutama foto karena di tempat ini ada banyak momen bagus yg bisa diabadikan (bukan berarti foto narsis ya :p ). Momen yg paling aku suka adlh pas sseorang lagi beri makanan ama satwa.. woow

feeding animals

Jadi taman safari ini sebenarnya ada banyak bagian ya walaupun aku kurang tau pasti apa-apa aja karna saking luasnya. Kmarin sih yg dijalanin itu pertama kali adalah taman safarinya (satwa di alam bebas), dan taman rekreasi (didalam ada taman bermain, food court, pertunjukkan satwa, waterfall, baby zoo, dan masi byk lagi). Khusus taman safari, pengunjung menggunakan kendaraan pribadi untuk mengelilingi dan melihat langsung kehidupan satwa di alam bebas (tutup pintu rapat2 dan tutup kaca jendela swaktu melewati kandang singa/macan, hooo….). Pas di taman ini musti agak berhati-hati ama satwanya, misalnya beri makanan dgn hati2, jgn sampe kepala satwa masuk ke mobil hanya demi makanan (pasti jadi bahan tertawaan pengunjung lain =)) ). Trus hati2 dgn mobil anda supaya terhindar dari baret, kenapa? ya pokoknya hati2 dan berdoa aja kalo anda sedang melewati kawanan banteng yg notabene tanduknya selebar lapangan bola (shit! mobil pasti kena baret). Sehabis dari taman safari ini, baiknya kendaraan dicek dan dicuci soalnya pasti jorok dan bau, hahaha. Oh ya, selama didalam taman dilarang kelas bunyikan klakson mobil dan menyalakan flash kamera. So, nyetir dgn hati2 gan, dan jangan pake flash kalo mau foto (ntar satwanya nyadar lagi difoto, trus kejar agan2 minta difoto lagi, wakakaka narsis :p )

taman rekreasi

Sehabis kelilingi taman safari, kita ke taman rekreasinya. Dulunya aku kira ini cuma taman bermain aja, ternyata arena nya luassss bgt. Ada taman bermain, baby zoo, tempat pertunjukkan satwa (singa/macan, singa laut, gajah, dll), foodcourt, kereta gantung, kincir raksasa, waterfall, dan banyak lagi. Khusus untuk taman rekreasi ini disediakan transpor umum biar ga cape, misalnya kereta api mini, kereta gandeng, kereta gantung, dll. Beberapa wahana juga diberlakukan fee tambahan, ada yg gratis (include tiket masuk) ada juga yang bayar (disini peta/map taman safari yang diberi pas masuk lokasi berguna bgt, biar ga kesasar).

Kesimpulan: tempat ini adalah lokasi wisata yang ideal buat keluarga, dengan konsep safari membuat lokasi ini seru untuk dijalani, taman rekreasi dan wahana yang lengkap, trus yang paling penting adalah pergi ke tempat ini seharian penuh karna kalo setengah hari dijamin ga puas karna banyak bgt yang harus dijalanin… :p

Sebagai referensi, buat yang mau kesana tapi takut kesasar, coba ambil map taman safari disini.

Reference:
http://www.tamansafari.com/
http://id.wikipedia.org/wiki/Taman_Safari_Indonesia

here we are (bonus)