Hai, aku share coding lagi ya. Kali ini berkaitan dengan bilangan prima. Seperti kita tahu, bahwa bilangan prima itu adalah bilangan yang hanya dapat dibagi oleh 1 dan bilangan itu sendiri. Inget ya, HANYA, jadi faktor lain gak bisa. Sebagai contoh, 7 adalah bilangan prima karena hanya bisa dibagi oleh 1 dan 7.
Code berikut adalah code yang mencari bilangan prima mulai dari 1 sampai inputan yang dimasukkan user, input maksimum dibatasi sampai 500 aja.
Oke, langsung aja ke coding nya ya.

#include cstdlib
#include iostream
#include math.h

using namespace std;
bool isPrima(int angka){
int a, count=0;
for(a=2;a0 || angka<2){
return false;
}else{
return true;
}
}

int main(){
int inBilangan, i, j;
cout<<"Program sederhana untuk mencari bilangan prima dari suatu rentang bilangan.\n";
cout<<"Masukkan bilangan (1-500): ";
cin<<inBilangan;
if(inBilangan<0){
cout<500){
cout<<"Nilai tidak boleh melewati 500.\n";
} else{
int arrBilPrima[inBilangan];
j=0;
for(i=1;i<=inBilangan;i++){
if(isPrima(i)==true){
arrBilPrima[j] = i;
j++;
}
}
cout<<"\nBil prima dari 1 - "<<inBilangan<<": ";
for(i=0;i<j;i++){
cout<<arrBilPrima[i]<<" ";
}
cout<<"\nTotal ada "<<j<<" bilangan prima.\n\n";
}
system("PAUSE");
return 0;
}

Semoga membantu yoo. Untuk algo dan penjelasannya, aku akan jelasin kemudian.
Lagi-lagi mohon maaf kalo indentasi coding saya diatas agak kurang teratur, code sebenarnya punya indentasi yang bagus. Ga tau deh, salah wordpressnya, apa saya yang kurang lihai menggunakan wordpress. LOL

Advertisements