setelah kurang lebih hampir 7 bulan tinggal di ibukota, bisa dikatakan apa yang menjadi makanan sehari2 warga jakarta sudah kualami. ya apalagi kalau bukan MACET!! kemacetan ini kayanya uda jadi momok sehari2 warga jakarta, khususnya pegawai kantoran/pelajar skolah. sampai2 pemerintah DKI juga uda pusing bahkan kehabisan cara utk nanggulangi masalah kemacetan ini. hmm.. setelah kuamati, bisa kusimpulkan beberapa hal dari kemacetan ini.

macet pagi
Latar Belakang:

  1. ga bisa lagi dipungkiri bahwa tiap orang pasti memulai harinya dgn beraktivitas diluar rumah (ngantorlah, sekolah, dll)
  2. orang pergi kantor teng jam 7 dari rumah, otomatis di jalan raya jumlah makhluk hidup melonjak drastiss. gtu juga dengan jam pulang kantor (org bilang tenggo), biasanya jam 5 sore.
  3. semua orang mau serba cepat, sampe akhirnya ngebut n nyalahin aturan lalu lintas


Penyebab:

  1. orang terlalu sombong dgn selalu menunjukkan hartanya yg melimpah ruah. dalam hal ini maksudnya lebih mengutamakan make kendaraan sendiri (apalagi mobil), padahal cuma sendirian. ga mikir apa toh nanti juga di jalan kena macet n akhirnya telat ke kantor. lagipula kalo dipikir2 dari segi ekonomi, naik kendaraan umum lebih irit drpada bawa mobil sendiri. lain hal dgn orang yg mgkn rumah/kantornya ga terjangkau kendaraan umum
  2. org terlalu egois dgn lbh mementingkan kepentingan sndiri drpada org banyak. contoh sederhananya, melanggar aturan lalu lintas. contoh nyatanya di lampu merah, yg diliat bukan lampu merah di jalur yg dilewatinya, tp lampu merah jalur lawan, kalo udah kuning baru jalan, ga mau tau apa lampu merah dia udah ijo apa blom… -_-‘
  3. makhluk hidup di jakarta ini uda sangat terlalu banyak. pemerintah ga usah mikirin solusi macet lagi dah, pikirin aja solusi supaya masyarakat jakarta tdk meningkat drastis tiap tahunnya
  4. fasilitas umum udah ga terawat, halte2 udah bobrok, jembatan penyeberangan uda berkarat, lampu lalu lintas kadang hidup kadang enggak

macet malam hari
Solusi:

  1. pemerintah DKI harus tingkatkan mutu kendaraan umum, supaya orang bisa mulai meninggalkan kendaraan pribadi. selama ini mungkin beberapa org sngaja pake mobil/motor dgn alasan keamanan, takut kena copet, kepanasan karna ga ada AC, takut ama supir n kernet yg sering menggunakan jalan raya serasa jalan punya bapaknya.
    contoh penerapannya: mobil2 yg udah tua disingkirkan, supir n kernet harus betul2 berkualitas (kalo perlu bersertifikat ISO9000 sekalian)
  2. buat program untuk kurangi jumlah kendaraan pribadi. mungkin ini agak sulit ya, karna ini mulai dari kemauan diri sendiri utk mulai ninggalkan mobil/motor, ya mgkn perlu sesosok pemimpin yang berwibawa yang bisa men-sugesti masyarakatnya
  3. hidupkan kembali program KB (keluarga berencana, not keluarga besar). pemerintah ga usah terlalu memikirkan cara utk batasin org yg ke jakarta. smua orang mau hidup layak n modern cuy, ga da yg mau ketinggalan terus. jadi, kalau program KB ini sukses di sluruh penjuru Indonesia, pasti yang datang ke jakarta juga dikit. jadi buat orang2 kampung ilangin deh asumsi ‘banyak anak banyak rezeki’, ngaca dulu dong boss.. kalau kerjaan ente bagus it’s okelah, tapi kalau cuma pemulung jgn harap hidup anak ente bisa sukses, cuma bisa jadi sampah masyarakat di jakarta. di samping itu, mutu pendidikan juga pasti akan meningkat, karena org2 berpendidikan pasti tahu betul dimana dia akan mengadu nasib (apakah di ibukota atau memajukan daerah sendiri). dari sini bisa kusimpulkan, “jumlah penduduk yang terus bertambah berbanding terbalik dgn majunya mutu pendidikan”
  4. solusi kemacetan lalu lintas udah cukup baik. contohnya flyover dan underpass udah ada di titik2 rawan macet, sistem buka tutup jalan. jadi aku rasa hal ini udah cukup, tinggal dirawat n dipertahankan aja. masalahnya cuma ada di jumlah penduduk
  5. tingkatkan ketertiban lalu lintas, misalnya dengan program khusus. dan buat peraturan yang tegas, kalau salah ya salah, jangan ada permainan di belakang. soalnya ini cuma akan merusak citra kepolisian n berujung dgn ketidakpedulian akan peraturan.

ya sekianlah dulu analisis seorang newbie mngenai macet di jakarta. ya moga2 aja kedepannya kemacetan ini udah ga ada lagi. smua orang pasti pengen suasana jakarta yg damai, asri, aman, dimana2, jadi smakin nambah kenyamanan tinggal di jakarta..😀