hmm… banjarmasin gimana ya? ada enaknya n ada nggak nya… dah ada 1 bulan lebih aku disini, at least dah jalani bbrapa hal lah disini, baek enak maupun gak enaknya…
Banjarmasin ntu letaknya ada di selatan pulau kalimantan, tepatnya di kanan bawah kalimantan kalo kita liat dari peta. Banjarmasin ntu ibukotanya kalsel, jadi kota inilah yg paling besar disini, n kebetulan juga aku tinggal di kotanya, pas di belakang jalan A.Yani, jalan protokol di banjarmasin, jadi semua serba lengkaplah karna tinggal di kotanya (bukan pinggirannya)..
Skarang crita dari mana dulu nih… okela, satu2 kita bahas ya..

Kota
Dari segi tata kota, banjarmasin ini bisa dibilang modern karena hampir semua pusat kebutuhan ada, tapi luas kotanya ga terlalu besar. Karna penduduknya lumayan banyak, jadi pusat2 kota selalu dipadati pas lg weekend ato liburan, sbg contohnya 21, ampun deh nonton di banjarmasin, pula 21 cuma ada 1 n itupun selalu penuh..😀
Tempat2 utama di kota adalah duta mall (satu2nya mall d banjarmasin), jembatan sungai barito (panjangnya ampe 1 km), jln a.yani (jln utama yg membelah kota), pasar terapung (ada di sungai barito).. dll lah😀
PasarTerapungYang unik dari banjarmasin ini sbg kota sungai adalah pasar terapung nya, sesuai dgn namanya, pedagang pasar terapung menggunakan perahu kecil sbg t4 menjual barang dagangannya, dan pelanggan pun bisa membeli dari tepi sungai dan ada juga yg menggunakan perahu juga utk membeli, unik x rasanya pasar terapung ini,, jarang2 deh bisa rasain kayak gini😀..
jemb baritoLalu lintas di banjarmasin ini juga bisa dibilang tertib, pasalnya semua rambu2 dipatuhi, penduduk disini juga displin dlm mematuhi rambu2 lalu lintas, polisinya juga baek2, betul2 polisi lah pokoknya,, selama ini polisi yang kutau adalah tukang nangkap orang, tapi kalo di banjarmasin ini polisi emang betul2 menertibkan n ramah2 lagi.. (ga cem di medan), buktinya aku dah hampir 2 bulan disini naek motor ga pernah ketangkep karna ga punya SIM… huahahaha. Trus, banjarmasin ini trkenal dengan sungainya, ampun deh banyak x sungai di kota ini, n rawa juga banyak, makanya rumah2 disini tuh rata2 rumah panggung (rumah dgn tiang sebagai penyangganya), karena tanah disini ga keras jadi byk rumah menggunakan tiang daripada menimbun dengan tanah, jadi,, kalo di rumah nih, langkah kaki langsung terdengar.. (dum dum dum… :D)
duta mallTapi yg ga enaknya nih, fasilitas olahraga kurang, kalopun ada tapi ga terbuka untuk umum, jadi orang2 pada main di halaman rumah ato tanah lapang gitu lah..
hmm,, kalo kusimpulkan nih besarnya kotanya hampir sama dengan p.siantar, tapi kalo dari padatnya hampir sama dengan medan..

Masyarakat
hmm,, suku asli yg ada di banjarmasin itu adalah suku banjar, dan byk lagi suku pendatang yg mendiami kota ini, trutama jawa timur, byk pendatang dari jatim di kota ini jd jangan heran kalo di banjarmasin itu byk orang jawa.. Kalo org batak sih dikit, tapi komunitas batak juga ada kok..
Orang banjar nih ramah2, kalo berpapasan dgn org yg blom dikenal aja, mreka tuh senyum n sering bertegur sapa,, padahal blom kenal lo… Baek2 n ramah2 disini orang,, ga cem di medan,, org tuh cuek2 aja kalo ma org yg blm dikenal..😀
Trus,, org banjar tuh cuantik2 lhoo… hehe.. parasnya cantik n badannya tinggi n putih lg,, wuih mantap pokoknya,, prnah ada trbesit di pikiranku utk memperistri orang banjar… hehe😀
Bahasa yg mereka pake juga rada aneh didengar, spt bhs melayu kedengarannya karna konon org banjar ini juga keturunan melayu..
Kalo soal agama, banjarmasin ini trkenal dgn kota agama, disini mayoritas muslim, maklumlah.. banjarmasin disebut juga serambi mekkah ke-2 setelah aceh, agama yg lain ada kristen n buddha, disini jg byk etnis tiong hoa tp rata2 mereka kristen n jemaat di GBI, sdgkan HKBP cuma 1 disini karna org batak juga cuma dikit, gereja hkbp disinilah yg paling unik menurutku, karena bangunannya ga spt gereja, tapi seperti 2 ruko yg digabungin jadi 1 n membentuk gereja, dalamnya agak sempit makanya gereja ini dilengkapi AC sbg pendingin, rata2 banyaknya jemaat tiap minggu dalam sekali ibadah sekitar 200 orang.

Makanan
nasi_kuningBicara makanan di banjarmasin ini, pasti jadi teringat ma jawa, pulanya makanan disini tuh khas dgn makanan jawa, kalo makanan asli banjarmasin tuh ya nasi kuning… rasanya ya lumayan enak la,, disini tuh makanan serba manis, teh juga manis bgt.. cuman rasa teh disini tuh beda bgt ma teh yg pernah kurasain sblmnya.. but nice lah..
Soal harga ya lumayan murah sih,, tp hati2 kalo kita blom tau makanan disini, bisa mahal bgt tuh kocek kita keluarin.. hehe😀
Resto fast food disini mahal kalo dibandingin ma di kota lain, pdhl setauku mereka tuh tetapkan standar utk harganya, tp ga tau ya kok rasanya disini mahal2 ya??
Karena disini mayoritas muslim, jadi kalau pas lagi puasa, jgn haraplah bisa liat ada rumah makan yg buka.. Disini tuh ga bisa buka rumah makan ato sejenisnya lah pas lagi puasa, makanya bagi yg ga puasa, sengsara deh.. Bayangin aja, itu aja dah jadi Perda loh,, makanya serem juga..
O ya, ada beberapa makanan disini yg lucu aja kudengar namanya,, misalnya nih martabak, disini tuh namanya terang bulan,, martabak telur baru namanya martabak dsini, makanya aneh aja didengar..😀

Lalu lintas
hondacbr150RBicara lantas,, banjarmasin nih tertib cuyy,, spt yg uda kujelasi diatas tadi, n polisi juga baek2, polwan juga banyak loh n cantik2 juga.. hehe😀
Mayoritas kendaraan di kota ini adalah motor, gila banyak bgt motor disini, lbh banyak dr medan makanya angkot disini tuh dikit x.. Disini tuh kalo pagi ma sore pasti macet, n macetnya yg bikin tuh motor karna banyaknya populasi motor di kota ini.. Saking banyaknya motor disini, motor pun keren2, banyak yg make Ninja 250, CBR150 pun berserak dimana2, CBR1000 pun ada.. hmm kyknya murah nih disini motor2 gitu makanya banyak, kalo kubandingin ma di medan masih dikitlah yg punya motor keren gitu..
Makanya kalo aku lg jalan nih, kadang2 jadi minder gitu, pula motorku ga pala keren ma motor mereka, n mereka juga pada bawa pasangan,,, lengkaplah penderitaanku..😀

hehe.. ok deh, sampe segitu aja dulu yg bisa kucritain slama hampir 2 bln di banjarmasin, ntar kalo sempat lagi buka blog pasti dilanjutin, soalnya blm smua tempat yg kami kunjungi di banjarmasin ini…😀