Bagi pengguna windows XP pasti sering menggunakan fasilitas Windows yang digunakan untuk mengirim pesan singkat ke komputer lain dengan menggunakan net send command.
Misalnya gini nih, dari command prompt kita buat
net send PC-01 Hai teman,, mintol hidupin pcku dong..
Fasilitas ini hanya berlaku jika service Messenger diaktifkan, baik oleh pengirim maupun penerima pesan itu. Kalau service Messenger pengirim aktif tapi penerima tidak, pesan tidak akan terkirim, begitu juga sebaliknya.

Dan ingat bahwa pada Windows XP SP1 dan SP2 dan Windows Server 2003 SP1, service Messenger tidak diaktifkan secara default, jadi kita terlebih dahulu harus mengaktifkan service tersebut dari Control Panel -> Administrative Tools -> Services.
Begitu ceritanya kalau di XP dan beberapa keluarganya, tapi bagaimana kalau ceritanya di Vista?? Pada mulanya saya juga bingung gimana caranya jalanin net send di Vista. Dan ternyata memang d Vista service net send tidak tersedia. Kemudian setelah browsing di Internet, dapatlah solusinya, ternyata service tersebut sudah “diganti” dengan MSG.exe.

Tapi sayangnya, kita hanya bisa menggunakan fasilitas MSG.exe tersebut pada Vista Business dan Ultimate, Home Basic dan Home Premium tidak punya😦. Jadi begini nih command-nya (dari cmd):
msg /server:PC-01 "Tolong bantu gue..!
untuk help nya, buat msg /?
Dan yang hebatnya nih, MSG.exe tidak membutuhkan service Messenger agar aktif di PC penerima. Waaaw😀