Dalam matematika, khususnya matematika programming, faktor adalah bilangan-bilangan yang memiliki hasil bagi 0 terhadap suatu bilangan. Sebagai contoh: bilangan 12 memiliki faktor yaitu: 1, 2, 3, 6. Kenapa harus keempat faktor itu? Simple saja, lihat saja bilangan 12 dapat dibagi oleh keempat faktor tersebut dan memiliki hasil bagi 0.

Nah, aku punya coding pake bahasa C++ untuk mencari faktor suatu bilangan, ini coding aku sendiri yang buat. Males buat algonya, jadi langsung ke coding nya aja yah.. :)

#include cstdlib
#include iostream
#include math.h

using namespace std;

int main(){
int inBil, i, j;
cout<<"Program sederhana untuk mencari faktor sebuah bilangan.\n";
cout<<"Masukkan bilangan (dalam angka): ";
cin>>inBil;
int arrFaktor[inBil];
j = 0;
for(i=1;i<=inBil;i++){
if((inBil%i)==0){
arrFaktor[j] = i;
j++;
}
}
cout<<"Faktor dari bilangan adalah: ";
for(i=0;i
cout<<<" ";
}
cout<<"\n";
system("PAUSE");
return 0;
}

Semoga membantu anda :D. Untuk algo dan penjelasannya, aku akan jelasin kemudian.
Mohon maaf kalo indentasi coding saya diatas agak kurang teratur, itu karena efek dari wordpressnya, sebenarnya saya udah copy paste dari coding saya, lalu hasilnya di wordpress begitu. Ga tau deh, salah wordpressnya, apa saya yang kurang lihai menggunakan wordpress. LOL

About these ads